7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik

7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik

John F. Kennedy, lahir pada tanggal 29 Mei 1917. Kennedy lahir di Amerika serikat di kota Brookline, Massachusetts. Jhon F. Kennedy meninggal dunia di Dallas, Texas, Amerika Serikat pada 22 November 1963 (di umur 46 tahun). Jangan kemana-mana simak terus 7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik

Jhon F. Kennedy dikenal dengan sebutan “Jack” atau dengan inisial JFK, ia merupakan Presiden Amerika Serikat yang ke-35 yang menjabat sejak Januari 1961 sampai meninggal dibunuh dengan tembakan jarak jauh di bulan November 1963.

JFK atau Jack dikenal sebagai lulusan dari Universitas Harvard. Namun, tidak saja di Harvard, Kennedy juga dalam waktu tidak lama pernah belajar di Princeton, Namun Kennedy keluar dari Princeton karena masalah kesehatan.

John F. Kennedy adalah presiden pertama yang lahir di abad ke-20 (1900 an). Dia terpilih sebagai presiden ke-35 Amerika Serikat pada tahun 1960 dan ia mulai menjabat posisinya pada tanggal 20 Januari 1961.

Berikut ini adalah 7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik.

1. Lahir Dari Keluarga Kaya dan Terkenal

Joseph Kennedy merupakan ayah dari John F. Kennedy, ia merupakan salah satu orang terkaya dan berkuasa di eranya. Presiden Franklin D. Roosevelt menunjuknya menjadi kepala US Securities and Exchange Commission (SEC).

Pada tahun 1938 Joseph Kennedy ditunjuk sebagai duta besar untuk negara Inggris. Ia memiliki sembilan anak salah satunya John F. Kennedy. Dia menunjuk saudaranya, Robert, sebagai Jaksa Agung. Ketika Robert mencoba mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat pada tahun 1968, dia dibunuh oleh saudaranya sendiri yakni Sirhan.

Adaapun Saudaranya yang lain, bernama Edward “Ted” Kennedy. Ia adalah Senator dari Massachusetts sejak tahun 1962 sampai tahun 2009. Saudari perempuannya, bernama Eunice Kennedy Shriver, merupakan pendiri Olimpiade Khusus di Amerika Serikat.

2. Memiliki Riwayat Penyakit Sejak Kecil

John F. Kennedy diketahui memiliki kesehatan yang buruk saat masih anak-anak hingga dewasa. Ketika Kennedy tumbuh menjadi dewasa, Kennedy didiagnosa oleh dokter menderita penyakit Addison.

Addison adalah penyakit otot yang mengakibatkan tubuhnya tidak bisa menghasilkan cukup kortisol sehingga ia akan menderita kelemahan otot, mudah depresi, kulit berubah kecokelat-cokelatan, dan banyak lagi yang tidak dapat dipublikasikan. John F. Kennedy juga diketahui menderita osteoporosis dan gangguan punggung sepanjang hidupnya.

7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik
7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik

3. Jacqueline Lee Bouvier, ibu negara yang modis

Kennedy memiliki istri yang bernama Jacqueline “Jackie” Lee Bouvier. Ia lahir dari keluarga kaya dan terkenal pada waktu itu. Jacqueline mengenyam pendidikan di Vassar dan George Washington University sebelum lulus dengan gelar di bidang Sastra Perancis. Sebelum menikah dengan John Kennedy, Jacqueline bekerja sebagai wartawan. Jacqueline dikenal publik sebagai ibu negara yang modis dan fashionable.

4. Menjadi Pahlawan Pada Perang Dunia II

John F.Kennedy bergabung dengan angkatan laut saat terjadinya Perang Dunia II. Ia tugaskan di sebuah perahu yang disebut PT-109 di Daerah Pasifik. Perahunya ditabrak dan ditembaki oleh sebuah kapal perusak Angkatan laut Jepang. Kennedy dan krunya terlempar ke dalam air sehingga ia berupaya berenang dengan keras selama empat jam agar sampai kepesisir pantai sambil menyelamatkan seorang kru lainnya. Atas jasanya tersebut, ia menerima penghargaan Purple Heart dari Angkatan Laut dan Korps Marinir.

5. Cita-cita Presiden yang ambisius

Jhon F. Kennedy ternya memiliki cita-cita menjadi presiden yang cukup ambisius. Gabungan kebijakan dalam dan luar negerinya dikenal dengan istilah “New Frontier.” Dia ingin mendanai pendidikan, perumahan, perawatan kesehatan untuk orang tua agar dapat mensejahterakan rakyatnya. Saat itu ia juga mampu melakukan peningkatan upah minimum, tunjangan jaminan sosial, dan program peremajaan kota. Selain itu, Korps Perdamaian juga dibuat. Akhirnya, ia menetapkan cita-cita untuk mendaratkan orang Amerika di bulan pada akhir tahun 1960-an.

6. Krisis rudal Kuba dan Vietnam

Pada tahun 1959, Fidel Castro menggunakan kekuatan militer untuk menggulingkan Fulgencio Batista dan memerintah Kuba. Dia memiliki hubungan dekat dengan Uni Soviet. Kennedy menyetujui sekelompok kecil warga Kuba di pengasingan untuk pergi ke Kuba dan mencoba memimpin pemberontakan dalam apa yang disebut Invasi Teluk Babi. Namun, mereka ditangkap dan itu merugikan reputasi Amerika Serikat. Segera setelah misi ini gagal, Uni Soviet mulai membangun basis rudal nuklir di Kuba untuk melindunginya dari serangan di masa depan. Menanggapi ini, Kennedy mengkarantina Kuba, memperingatkan bahwa serangan terhadap AS dari Kuba akan dilihat sebagai tindakan perang oleh Uni Soviet. Kebuntuan yang dihasilkan dikenal sebagai Krisis Misil Kuba.

7. Dibunuh pada bulan November, 1963

John F. Kennedy dibunuh dengan tembakan pada tanggal 22 November 1963 di Dallas, Texas. Adapun seorang yang bernama Lee Harvey Oswald dituding sebagai pelakunya dan ditahan pada malam itu juga, namun sebelum pengadilan Oswald diselenggarakan, selang dua hari penembakan tersebut, seseorang yang bernama Jack Ruby menembaknya sampai mati.

FBI dan Komisi Warren secara resmi menyimpulkan bahwa Oswald sebagai pembunuh tunggal. Akan tetapi, Komite Pembunuhan Istimewa DPR Amerika Serikat (HSCA) berpendapat bahwa hasil dari investigasi tersebut tidak sepenuhnya benar dan Kennedy kemungkinan dibunuh dengan sebuah persekongkolan terencana sehingga menimbulkan teori-teori konspirasi yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

Baca juga : 5 Teori Konspirasi Pembunuhan Presiden Amerika John F Kennedy

John F. Kennedy pada waktu tersebut memiliki program kontroversial berupa pengebom tempur. TFX Departemen Pertahanan memaksa Kongres melakukan investigasi yang berlangsung sejak 1963 sampai 1970. Sejak 1960-an, informasi perihal kehidupan pribadi Kennedy perlahan terungkap ke publik. Rincian riwayat masalah kesehatan Kennedy semakin jelas terlihat. Walaupun awalnya dirahasiakan dari masyarakat umum, ada juga laporan bahwa Kennedy sering bermain wanita yang salah satu yang paling terkenal ialah Marlyn Manroe, sehingga ia mendapat sorotan pers.
7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik

Demikian artikel yang membahas tentang 7 Fakta Tentang John F. Kennedy yang Jarang Diketahui Publik. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu anda tentang sejarah berharga yang jarang diketahui orang banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here