Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul

Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul

Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul – Pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di gedung konsulat Arab Saudi yang terletak di Istanbul, Turki mengguncang dunia. Sejak kejadian itu, teori konspirasi pembunuhan khashoggi bermunculan. Pada artikel ini anda akan dihadapkan fakta-fakta terkait pembunuhan khashoggi akan tetapi berdasarkan fakta tersebut, anda sendirilah yang akhirnya memilih, siapa sebenarnya dalang peristiwa ini dan apa motifnya.

Berdasarkan Perkembangan terbaru, Recep Tayyip Erdogan, Presiden Turki saat ini menyatakan, bahwa pembunuhan Khashoggi seperti sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Akan tetapi, hingga beberapa hari dan bahkan beberapa bulan skandal ini bergulir ada sejumlah pertanyaan yang hingga saat ini belum terjawab.

Apa saja pertanyaan tersebut ? Simak terus artikel Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul.

Jamal Khashoggi adalah salah satu jurnalis Saudi dan Arab yang paling terkemuka, dan komentator politik dari generasinya. Ia kerap mengkritik kebijakan kerajaan Saudi yang menurutnya tidak bagus. Dan Akhir-akhir ini Khashoggi menjadi lebih vokal tentang kritiknya terhadap MBS, menyamakannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berikut Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul

1. Di mana jenazah Jamal Khashoggi di sembunyikan?

Berdasarkan asumsi penyidik di TKP bahwa khashoggi dimutilasi oleh sekelompok orang yang membunuhnya, Penyidik dari Turki, mengatakan bahwa jari-jari tangan dan kaki Khashoggi dipotong saat dia masih hidup. Sungguh menggenaskan bukan ?

Lalu tubuhnya dimutilasi dengan menggunakan gergaji, setelah khashoggi itu dipastikan mati. Diduga, potongan tubuh milik Khashoggi tersebut dibawa keluar oleh si pembunuh dari gedung konsulat Saudi tetapi hingga saat ini masih belum diketahui nasib jenazahnya entah dimana.
Sejumlah spekulasi-spekulasi bermunculan, potongan tubuh Khashoggi kemungkinan dibuang di Turki atau diterbangkan keluar dari negara itu. Ada juga yang mengatakan jenazahnya dibuang di hutan Belgrade dan kota Yalova.

Misteri inilah yang kemudian membuat Presiden Turki saat ini ‘’Erdogan’’ mendesak para pemerintah Arab Saudi menjelaskan apa yang terjadi dengan mayat jurnalis Khashoggi tersebut.

Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul
Foto saat khashoggi terlihat cctv memasuki gedung konsulat Arab Saudi di Turki tapi tidak pernah keluar setelahnya

2. Apakah MBS perintahkan pembunuhan Khashoggi?

Siapa itu MBS? MBS merupakan singkatan dari Mohammed bin Salman yakni putra mahkota alias pangeran dari kerajaan Saudi. Muncul klaim bahwa para elite Saudi terlibat langsung atau setidaknya mengetahui rencana menghabisi nyawa Khashoggi.

Sejauh ini, Pangeran Mohammed bin Salman membantah terlibat atau mengetahui pembunuhan Khashoggi. Presiden Turki Erdogan menegaskan tidak bisa menerima penjelasannya begitu saja dan meminta penjelasan dari pemerintah Saudi.

3. Apakah Ada Rekaman Audio atau Vidio?

Dari berbagai sumber yang didapatkan penyidik Turki, mengatakan kepada media, mereka menemukan rekaman audio saat proses interogasi, penyiksaan, dan hingga pembunuhan kepada Khashoggi. Akan tetapi, sampai sekarang Pemerintah Turki tidak pernah menunjukkan langsung rekaman itu kepada publik. Bahkan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut meminta bukti rekaman audio itu.
Akan tetapi sejumlah sumber dan media mengatakan, Bahwa Turki belum memberikan rekaman audio itu ke Amerika Serikat ataupun kepada para sekutunya. Menlu Turki Mevluy Cavusoglu mengatakan, Turki saat ini tidak memberikan bukti ke negara mana pun tetapi dipastikan terdapat diskusi di antara badan-badan intelijen.

4. Mengapa 15 aparat Saudi berkumpul di konsulat?

Penyidik dari Turki mengklaim sebanyak 15 orang intelijen, keamanan, dan forensik Arab Saudi termasuk beberapa jenderalnya tiba di gedung konsulat secara terpisah di hari pembunuhan khashoggi terjadi. Menurut Presiden Turki Erdogan salah satu hal pertama yang mereka lakukan adalah melepas “hard drive” dari sistem CCTV konsulat. Ke-15 orang itu keluar dari konsulat beberapa jam setelah kedatangan mereka dan langsung meninggalkan Turki di malam harinya.

Sangat mencurigakan bukan? Kira-kira siapa dalang dari pembunuhan jurnalis terkenal ini. Lalu apa motifnya?

5. Mengapa Konsulat Saudi Tidak Langsung Digeledah?

Pada saat hari kejadian tunangan khashoggi menunggunya di luar gedung konsulat yang dimasuki khashoggi, tapi beberapa jam berlalu khashoggi tidak kunjung juga muncul dan tunangannya itupun melaporkan ke aparat kepolisian turki terdekat.

Setelah tunangan Khashoggi melaporkan hal tersebut kepada kepolisian Turki (empat jam setelah Khashoggi menghilang) barulah polisi turki melakuan proses investigasi. Akan tetapi Gedung konsulat tidak bisa langsung digeledah oleh kepolisian dikarenakan terbentur masalah kekebalan diplomatik.
Setelah beberapa jam kemudian masalah tersebut berhasil diatasi, dan penyelidikan berlanjut tetapi tim penyidik dari kepolisian dihalangi lagi saat hendak masuk ke gedung konsulat. Polisi diizinkan masuk setelah sejumlah kendaraan meninggalkan konsulat yang membawa petugas kebersihan. Belum ada penjelasan dari pemerintah Saudi soal penundaan penggeledahan di kantor konsulat.

6. Siapa yang Sekarang ditahan di Arab?

Pemerintah Saudi mengatakan, 18 orang telah ditahan terkait kasus pembunuhan Jamal Khashoggi. Namun, hingga kini aparat keamanan Saudi tidak merilis identitas ke-18 orang yang ditahan itu. Di sisi lain, lima orang pejabat senior yang dekat dengan Pangeran MBS dipecat terkait skandal tersebut.

Pangeran Saudi Mohammed bin Salman atau yang disingkat MBS untuk pertama kalinya menyampaikan pendapatnya atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Dalam pidatonya tersebut di forum Future Investment Initiative (FII) di Riyadh, MBS, mengecam tindakan pembunuhan tersebut dan menyebutnya sebagai insiden yang menjijikkan. 🙂

Baca juga : “TERUNGKAP!!! Ini Dia Transkrip Detik-detik Pembunuhan Jamal Khashoggi”

MBS juga menegaskan bahwa pihak Kerajaan Saudi akan siap bekerja sama dengan pemerintah Turki untuk mengungkap kasus ini. “Kejahatan itu sangat menyakitkan bagi semua warga Saudi. Dan itu menyakitkan, keji bagi setiap umat manusia di dunia,” kata Pangeran Mohammed. “Mereka yang berada di balik kejahatan ini akan bertanggung jawab.. pada akhirnya keadilan akan menang,” lanjutnya dilansir AFP.

Sampai hari ini, jasad Khashoggi belum ditemukan. Pertanyaan masih belum terjawab tentang siapa yang memerintahkan pembunuhan tersebut, bagaimana pembunuhan itu dilakukan, apa yang telah terjadi pada tubuhnya, dan apa bukti nyata yang dimiliki Turki, yang meninggalkan banyak ruang untuk spekulasi. Apakah Turki menguping di Konsulat Saudi dan maka dari itu pembunuhannya direkam dalam bentuk audio atau video?

Itu adalah beberapa alasan mengapa pembunuhan Jamal telah menarik perhatian dunia selama beberapa minggu terakhir dan akan terus begitu, seiring lebih banyak detail yang bocor atau jika Turki akhirnya memutuskan untuk mempublikasikan bukti-buktinya, yang mungkin termasuk mengidentifikasi siapa dalam hirarki Saudi yang merupakan orang paling senior yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Demikian artikel Misteri dan Teori Konspirasi Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul. Semoga bermanfaat untuk anda serta menambah informasi anda. Artikel ini di dapatkan dari berbagai sumber media ternama dan sedikit ditambahkan oleh editor teorikonspirasi.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here